menu
Hlaiki

cara mengatasi keluhan pelanggan yang komplain

keluhan pelanggan sudah menjadi masalah umum dalam sebuah usaha.
dan sangat sulit untuk memberikan kepuasan kepada semua pelanggan pasti ada beberapa orang yang komplain.

tapi komplain dan keluhan pelanggan itu bukanlah penghalang untuk suatu usaha, namun sebetulnya dari keluhan pelanggan itulah sebuah perusahaan bisa memperbaiki bagian bagian dari bisnis nya yang kurang memuaskan pelanggan



tapi!! jika keluhan pelanggan tersebut tidak di hadapi dengan baik, pasti akan menjadi masalah besar.

tanggapan yang buruk terhadap pelanggan yang mengeluh akan menimbulkan kesan negatif di hati pelanggan dan menurunkan kepuasannya.

bahkan tidak menuntut kemungkinan ketidakpuasan pelanggan tersebut akan menyebar ke banyak orang dan berrdampak pada penurunan jumlah pelanggan dengan drastis.

dalam menghadapi keluhan pelanggan ini tidak bisa asal-asalan, dan yang penting cepat selesai, karena ini berhubungan langsung dengan prespektif hati pelanggan tentang pelayanan perusahaan.

untuk mengatasinya pun harus ada cara caea dan taktik tersendiri.

Dengarkan keluhan pelanggan dengan baik


mendengarkan keluhan pelanggan dengan baik merupakan cara penting dalam menghadapi keluhan pelanggan. jadilah pendengan yang baik. jangan menyela ketika mereka sedang berbicara tentang keluhannya.

jangan membantah apa yang mereka katakan terlebih dahulu. biarkan dulu pelanggan menungkapkan semua keluhannya.

karena dalam mengeluarkan semua keluhannya pelanggan tersebut juga melibatkan emosa dalam dirinya, jadi apabila ketika mereka mengeluh dan kamu membantahnya, justru akan membuat mereka tersulut emosinya.

dan juga jangan lupa untuk memfokuskan pandanganmu kepada pelanggan tidak lain adalah agar mereka merasa bahwa keluhan mereka di dengarkan dan menimbulkan kepuasan di hatinya.

hadapi keluhannya dengan kepala dingin


ketika sedang mendengarkan keluhan pelanggan hadapilah dengan tenang dengan kepala dingin, jangan sampai kamu ikuy terbawa emosi gara gara mendengar keluhannya.

karena dengan kepala dinginlah yang akan menjadikan pelangganmu menurun emosinya dengan sendirinya.

sikap kepala dingin ini juga sangat diperlukan agar kamu mampu berfikir untuk mencari penyelesaian dari apa yang di keluhkan pelanggan.


dan jangan lupa untuk menjaga harga diri dan wibawamu sebagai pemilik usaha, agar lebih berkesan profesional di mata pelanggan, dan juga jangan memarahi karyawan di depan pelanggan jika memang kesalahan dari karyawan.

bilang saja si karyawan akan di tindak lanjuti sesuai dengan apa yang telah di tentukan oleh perusahaan

meminta maaf ke pelanggan


ketika apa yang di keluhkan pelanggan adalah adalah kesalahan dari perusahaan jangan arogan untuk meminta maaf.

namun ketika kesalahan berasal dari pelanggan dan pelanggan tersebut belum memang belum paham dengan aturan yang berlaku, tetaplah meminta maaf dan jelaskan apa yang harus di jelaskan dengan baik.

bagaimanapun juga meminta maafmu kepada pelanggan akan membuat pelangganmu merasa lebih di"manusia"kan

berikan solusi terbaik yang bisa kamu lakukan


mereka para pelanggan mengeluh tentu jelas untuk meminta solusi dari apa yang mereka keluhkan. maka dari itu yang harus kamu lakukan adalah memberikan solusi yang terbaik.

tawarkanlah solusi yang terbaik, berikan solusi yang sebaiknya tidak merugikan kamu dan pelanggan berikan beberapa pilihan agar mereka bisa memilih mana yang terbaik.

namun ketika kesalahan memang dari perusahaan agak merugikan diri sendiri tidak terlalu buruk, yang penting goal nya keluhan pelanggan cepat teratasi dan nama baik perusahaan tetap terjaga.

lakukan tindakan lebih lanjut untuk menyelesaikan keluhan pelanggan


langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan pelanggan tidak terlalu peduli dengan apa yang kamu katakan tapi yang mereka butuhkan adalah tindakan yang kamu lakukan, segera lakukan tindakan yang menyelesaikan masalah pelanggan.

jangan lupa untuk memberitahu pelanggan tetang tindakan apa yang sedang kamu lakukan untuk menyelesaikan masalahnya.

dengan begitu mereka akan merasa keluhan mereka benar benar di tanggapai dan menjadikan pelanggan lebih percara kepada perusahaan.

lakukan perbaikan dan ucapkan terima kasih kepada pelanggan


setelah selesai mengatasi keluhan pelanggan lakukan perbaika dari apa yang di keluhkan pelanggan

sampaikan terima kasih ke mereka karena dengan mereka menyapaikan keluhan nya kamu akan tahu kekurangan dari perusahaanmu dan tentunya menjadikan perusahaanmu lebih baik dari sebelumnya.

Share This :

0 Comments :