menu
Hlaiki

Ngeblog lewat hp dan solusi dari masalah yang sering terjadi (pengalaman pribadi)

halo sobat calon blogger sukses, kenapa saya katakan calon blogger? saya tau ketika kamu sedang mencari cara ngeblog lewat hp pasti kamu baru mengenal dan belajar tentang blogger.

oke sebelumnya mungkin kita punya permasalahan yang sama sobat yaitu pengen ngeblog,pengen punya penghasilan lewat blog tapi tak punya laptop atau PC, kalau lihat orang orang sih sepertinya kayak wajib punya laptop sebelum ngeblog, bener?

ah salah itu, itu cuma angan angan kamu doang saya sendiri ngeblog pake HP redmi 2 ram 1 internal 8 lancar lancar aja termasuk waktu saya nulis artikel ini juga.

nah sekarang apakah bisa ngeblog pake hp? jawaban nya tentu bisa.
next caranya?

caranya mudah sekali apapun hp kamu selama ber OS android pasti ada playstore kan? jika kamu mengikuti apa yang saya lakukan saya menyarankan kamu memakai aplikasi google chrome.

karena menurut saya ringan dan mudah untuk masuk akun google dari pada browser yang lain.

next jika kamu ingin ngeblog lewat HP pasti nya harus punya akun google dulu.
tapi saya yakin pasti kamu sudah punya.

next buka chrome, lalu search blogger.com
sign in lalu pilih nama blog, nama url dan tema blog kamu. jangan bingung bingung pilih nama dan url karena suatu saat bisa di ganti. oke sangat simpel dalam membuat blog lewat hp.
simpel sekali.

ngeblog lewat hp


tapi penting kamu ketahui dalam membuat blog tidak hanya lewat platfrom blogger saja, ada yang namanya wordpress,thumblr,weebly,jomlaa dll
tapi pada kali ini saya hanya akan menjelaskan tentang blogger. ini saya sajikan jumlah pengguna dan dari platform blog mana saja


data tersebut saya ambil dari sini walaupun platform blogger menduduki peringkat nomor 4 tapi blogger sangat cocok untuk pemula karena pengoprasiannya yang sangat simpel, jangan kuatir jika kamu ingin pindah ke wordpress hanya tinggal ekspor impor konten saja.

saya sarankan juga jangan menggunakan aplikasi blogger yang ada di playstore karena fiturnya sangat terbatas, lebih baik ikuti pengalaman saya ngeblog lewat hp dan pemecahan masalah yang sering timbul di bawah ini.

MASALAH MEMBUAT ARTIKEL LEWAT HP


next, setelah kamu membuat blog selanjutnya adalah mengisi artikel silahkan kamu masuk ke dashboard blogger kamu pilih postingan => entri baru silahkan buat artikel baru.

namun apa yang terjadi? karena kamu ngeblog lewat hp pastilah kamu menemukan kesulitan dalam menulis artikel jika langsung menulis di dashboard blogger. itulah fakta yang saya alami sebagai blogger HP.

namun jangan kuatir solusinya adalah tulis dulu artikel nya di catatan. Jika tidak ada aplikasi catatan bawaan HP mu, bisa download di playstore ada banyak sekali notepad notepad disana pilih aja yang paling kecil memorinya, kan tujuan nya cuma buat nulis artikel buat bantu ngeblog lewat hp.

oke, permasalahan ngeblog lewat hp dalam menulis artikel terselesaikan.

MASALAH EDIT GAMBAR KETIKA NGEBLOG LEWAT HP


next kalau tulisan saja tanpa gambar kan jadi kosong thumbnails di homepage blogmu, gak enak diliat jadinya, kecuali tema yang kamu pilih memang nggak ada thumbnailsnya, oke masalah timbul yaitu edit gambar lewat hp. kalau pc sih mudah tinggal pilih photoshop apa coreldraw fiturnya ada ribuan kalau HP?

jangan khawatir solusinya cukup dengan 2 aplikasi ringan.
yang pertama adalah pointer blur selain pengoprasiannya mudah hasilnya pun juga terlihat mewah. untuk aplikasinya bisa kamu dapatkan di playstore

yang kedua adalah add text untuk menambahkan tulisan di poto yang akan dipasang di artikel kamu. untuk font text nya pun tak terbatas karena kamu bisa masukan font kamu dengan format .ttf  ke aplikasi ini. serah lu deh mau masukin font berapa banyak.

saya sendiri sudah coba masukan lebih dari 80 font dan tetep bisa alias nggak ngelag.

oke next langkah langkahnya, langkah pertama adalah carilah gambar tanpa hak cipta, bisa kamu cari lewat pixabay.com dan itulah yang saya lakukan.

setelah mendapat poto yang sesuai dengan artikel, silahkan edit dengan sedikit mengeblurkannya dengan aplikasi pointerblur setelah itu tinggal tambah text lewat add text.

dengan dua aplikasi itu saja saya bisa membuat seperti poto di bawah ini



mungkin belum terlalu bagus, tapi saya harap kamu bisa mengkombinasikannya agar lebih powerfull. sedikit tambahan kadang saya juga sedikit menggunakan aplikasi medibangpaint. boleh kamu utik utik dan coba coba recemonded juga menurut saya.

MENGEDIT TEMA BLOG LEWAT HP


next, ketika kamu liat blog mu kok tampilannya kurang bagus ya? ah tema bawaan blogger kurang bagus, mulailah kamu mencari cari tema gratisan di google terutama yang mobile friendly karena kamu ngeblog lewat hp jadi kamu cuma perhatikan tampilan blog dari hp. fixs??.

sadar atau tidak tapi itulah faktanya, ketika kamu sudah memilih tema setelah melihat demo nya dan menurutmu bagus, kamu coba pasang di blog milikmu.

setelah menurutmu sudah cocok dan terlihat oke, kamu akan tersadar dan masalah timbul lagi karena kamu harus meng edit menu navigasi dan jika dilakukan langsung lewat edit HTML di menu blogger hp kamu lemot bahkan ngeblank, sebagai blogger pengguna hp ram 1gb saya merasakan itu.

oke solusinya pakai aplikasi quoda,
cara penggunaannya pun simpel sekali
kamu download dulu tema baru kamu tahu cara downloadnya kan masuk dashboard blogger=>tema=>impor/backup=>download tema

setelah kamu download buka file tema kamu pake aplikasi quoda
setelah itu isi menu navigasinya untuk pengisian menu navigasi pada umumnya seperti dibawah ini.

<a href="#"> about us </a>
<a href="#"> contact us </a>
<a href="#"> privacy policy </a>

jika kamu ingin mengisi about us, gunakan menu "find" di quoda cari about us setelah ketemu ganti tanda pagar dengan link yang mengarah ke laman kamu yang berisi tentang kamu, dan selanjutnya sama.

<a href="http://blogkamu.blogspot,com/p/aboutus"> about us </a>
<a href=" http://blogkamu.blogspot,com/p/contactus "> contact us </a>
<a href=" http://blogkamu.blogspot,com/p/privacypolicy "> privacy policy </a>

jika kamu perhatikan baik baik setelah urlmu blogkamu.blogspot(,)com sengaja saya kasih tanda koma agar tidak terjadi link keluar untuk kamu nanti jangan pake koma tapi titik (.)

setelah kamu edit dan selesai silahkan disimpan dan buka blogger kembali upload tema yang sudah kamu edit.
pastikan tidak ada kode apapun yang tak sengaja terhapus, agar tema editanmu valid dan bisa di upload.

waktu upload usahakan jangan menutup aplikasi quodanya agar nanti ketika ada kode yang tidak sengaja terhapus kamu bisa mengembalikan nya dengan mengklik tombol undo di menu quoda.

oke masalah edit navigasi tema teratasi.

MASALAH RISET KATA KUNCI


jujur saya tidak pandai dalam meriset kata kunci saya hanya menggunakan insting kemanusiaan saya. "bagaimana cara blog saya menjadi solusi bagi orang yang ingin mengatasi masalahnya lewat google?" tapi kamu jangan kecewa,

saya juga ingin belajar riset kata kunci, tapi karena gadget tak memadai kadang ngelag juga saya hanya menggunakan tool keywordtools.io untuk mencari keyword utama dan keturunannya.

setelah itu kadang saya tulis beberapa keyword turunan di kertas dan memasukannya keyword turunan tersebut ke artikel yang saya buat.

jika HP mu memiliki spesifikasi lebih baik, mungkin bisa melakukan riset kata kunci lebih rinci dari pada yang saya lakukan.


NGEBLOG LEWAT HP UNTUK DITERIMA GOOGLE ADSENSE 


sebagai pemula dalam hal blogger kadang kita cepat cepat ingin mendapatkan penghasilan dari blog lewat google adsense, tapi nggak semudah itu sobat ada yang lebih penting dari pada google adsense yaitu trafik
benar, trafik lebih penting dari pada google adsense

kok bisa??
begini sobat kita akan di bayar adsense jika kita mendapat klik iklan, dan yang klik iklan kita adalah visitor semakin banyak visitor semakin banyak klik semakin cepat kita gajian. benar? jadi percuma punya akun adsense tapi tak ada trafik.

saya ada kutipan dari seseorang yang saya anggap mastah "bagaimana kalau naikan trafik sampai 1000pv/hari soal adsenae bisa di beli"
saya setuju benget dengan kutipan ini, dan fakta dilapangan memang seperti itu, dan saya sudah praktekan sendiri.
adsense tanpa trafik sama dengan omong kosong.

sesama blogger pengguna hp saya punya satu pesan buat kamu "keterbatasan menuntut kamu jadi lebih kreatif" silahkan sobat coba dan modifikasi sedemikian rupa dan saya juga tidak mewajibkan sobat yang ngeblog lewat hp harus sesuai dengan apa yang saya lakukan.

okelah sobat mungkin sampai disini dulu mungkin jika ada yang ingin sobat tanyakan bisa kasih komentar di bawah. sekian terima kasih semoga bermanfaat.

Share This :

0 Comments :