Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulit berinteraksi sosial? Trik psikologi ini bisa membantumu.

Banyak sekali orang yang sulit dalam berinteraksi sosial, jika kamu salah satu dari mereka kami sudah di tempat yang tepat.

Di artikel ini saya akan membagikan bagaimana caranya agar mudah dalam bergaul dan berinteraksi sosial melalui pendekatan secara psikologis.

Tips sosialisasi


Dikutip dari idntimes ada 7 trik psikologi yang bisa membantumu.

Yang bisa membuatmu lebih berharga dan berkesan di hati lawan bicaramu tanpa harus bersikap konyol, tanpa takut menyinggung perasaan lawan bicaramu.


Berikan pujian

Hasil studi kasus tentang reaksi sesorang terhadap pujian membuktikan bahwa orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi akan sangat menyukai ketika dirinya di sanjung, begitu juga sebaliknya

Mengulangi pembahasan dengan perkataan yang lain. 

Setelah selesai satu pembahasan cobalah mengulangi apa yang dia katakan dengan perkataan yang lain. Orang lain akan sangat merasa di hargai ketika perkataan mereka di dengar.

Selain itu akan menjadikan timbal balik dimana perkataan mu pun akan kembali di dengarkan dengan penuh perhatian.

Tiru tingkah laku mereka


Cara ini sangat penting agar kamu bisa berbaur dengan lingkungan sekitar.
Tirulah gaya mereka dari cara bicara, pakaian serta tingkah laku.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang di tiru akan bersifat baik ke orang yang menirunya, dan orang yang meniru akan merasa lebih di akui, lebih percaya diri, merasa senang, dan yang paling penting akan menjadi lebih mudah berbaur.

Mangangguk

Hasil study kasus membuktikan bahwa orang yang mengangguk saat sedang mendengarkan perkataan orang lain akan cenderung di nilai setuju dengan apa yang di bicarakan.

Trik ini bisa kamu coba secara langsung ke temanmu terlebih dahulu. Biasanya orang lain akan cenderung meniru tingkah laku orang lain apalagi itu adalah hal yang positif.

Karena itu bisa jadi tanpa sadar lawan bicara mu akan mengangguk dan menyetujui apa yang kamu bicarakan.

Meminta tolong kepada orang yang merasa lelah


Percaya atau tidak orang yang merasa lelah akan sangat sensitif ketika di mintai pertolongan.

Dengan kondisi fisik yang lemah karena kelelahan kebanyakan dari mereka pasti tidak akan memberikan bantuan secara langsung.

Karena kelelahan dan tidak mau pikir panjang biasanya mereka akan memberikan jawaban akan membantu esok hari. Dan bisa di pastikan mereka pasti akan menepati janjian di esok hari.

Meminta tolonglah dengan senyuman yang tulus


Jika orang yang kamu mintai tolong mau membantumu itu berarti dia menganggap kamu memang pantas menerima bantuannya.  Apalagi jika kamu memberikan terima kasih dan senyuman yang tulus. Dan itulah hal utama yang membuat kami disenangi.

Jika kamu tidak setuju tetap dengarkan dengan baik


Trik ini berguna ketika kamu tidak setuju dengan pendapat seseorang, ketika kamu tidak setuju dari pada berdebat pendapatan lebih baik teteplah mendengarkan apa yang dia katakan.

Setelah mereka selesai bicara giliran mu mengungkapkan dasar dari pendapatmu. Dengan begitu kamupun juga akan di dengarkan.

Yang lebih baik lagi kamu tidak akan melukai perasaan orang yang kamu ajak bicara.




Posting Komentar untuk "Sulit berinteraksi sosial? Trik psikologi ini bisa membantumu."